Executive Information System (EIS)..

Executive Information System merupakan suatu sistem terintegrasi yang mengolah informasi sehingga mudah diterjemahkan oleh para executive. Executive Information System (EIS) digunakan untuk para manager atau executive dalam mendapatkan informasi, misalnya informasi tentang personil dari karyawan, track record dari aktivitas perusahaan.

Salah satu contoh penggunaan EIS adalah seperti yang digunakan di kota Jacksonville, yaitu GIS. Karena para manajer dan petinggi kota tersebut memiliki banyak aktivitas sehingga sulit untuk mengetahui dan menjaga hubungan dengan personil dan kontraktor dari agen pelayanan umum, sembari mengontrol kebutuhan organisasi. Oleh karena itu, digunakan GIS agar dapat tetap mengontrol kegiatan kota dan mengontrol agen-agen yang menyediakan pelayanan umum.

Penggunaan GIS dari tahun ke tahun semakin berkembang. Tidak hanya digunakan oleh pemerintah, tetapi juga diikuti oleh berbagai industri. Melalui program komputer, GIS dapat digunakan untuk mengubah data dan menyediakan informasi ‘real-time’ dari transaksi yang terjadi pada waktu bersamaaan.

Leave a comment